Case Processing Time for Family Reunification

Setelah melalui perjuangan melengkapi berbagai dokumen untuk keperluan family reunification, kemudian dokumen kita sudah diterima dan dinyatakan lengkap oleh kedutaan Norwegia di Jakarta, sekarang saatnya untuk bersabar…sabar menunggu kabar dari kedutaan….

Waktu proses keluarnya visa untuk family immigration atau family reunification menurut Norwegian Directorate of Immigration atau dikenal sebagai UDI, adalah sekitar 6 bulan. Beberapa kali saya ngirim email ke UDI untuk konsultasi masalah family immigration (family reunification), berikut kutipan jawabannya

“The estimated case processing time for application for family immigration is approximately 6 month. We aim to reduce the processing times in all cases. The reason why it takes so long time is that we have so many applications waiting in line.”

“The time it takes for us to process your case depends on which country you are from, since applications from some countries are more complicated than others. This also means that some will have a case-processing time that is shorter than 6 months.

Ada cerita dari kakak kelas suami yang ambil S2 juga di universitas yang sama, visa untuk keluarganya baru keluar setelah 9 bulan, padahal gak ada dokumen yang kurang. Tapi ada juga yang sebulanan udah beres, kalo yang prosesnya cepet ini pengalaman mahasiswa PhD. Masalahnya suami saya mah mahasiswa S2… gimana dong?? Ups…gak boleh pesimis….yang penting usaha dan tetep semangat….

Eng..ing..eng….berapakan case processing time family reunification saya? Alhamdulillah ya Allah……Ternyata tepat 4 minggu dari saya menyerahkan dokumen lengkap ke kedutaan…Mohon maaf saya juga tidak tau persisnya kenapa bisa 4 minggu…..

Ini cuma berdasarkan opini saya aja lho ya, mungkin jadi cepat semenjak proses pengiriman dokumen dari kedutaan Norwegia di Jakarta ke Departemen Imigrasi Norwegianya melalui scan dokumen aja. Pada kasus saya, saya memasukkan dokumen ke kedutaan di Jakarta hari senin, nah kemudian saya cek via email ke UDI, tenyata mereka sudah terima dokumennya di hari selasa dan langsung diproses. (wow…good job!! I like it!!). Jadi dengan sistem yang sekarang,  kemungkinan buat teman-teman yang apply tahun ini akan lebih cepat prosesnya…. amin.

Selama dokumen dan aplikasi di proses UDI, yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu..dan menunggu…dan menunggu lagi sambil banyak banyak baca doa, sekalian sempurnakan shalat wajib dan shalat sunnah, jangan lupa banyak-banyaklah sedekah,hehehe. Pokoknya sempurnakan ikhtiar dengan doa.

Ohya, jangan lupa selalu berpikir optimis, karena menurut hadist nabi Muhammad SAW. “Allah menyukai sikap optimis dan membenci sikap putus asa”, dan bukankah Allah telah berfirman dalam Hadist Qudsi: “Aku adalah apa yang hambaku sangkakan, dan aku akan selalu bersamanya selama ia mengingat-Ku” (Muttafaq’alaih).  Jadi teruslah berbaik sangka kepada Allah, apapun kata UDI, hehehe

Alhamdulillah ternyata semuanya dilancarkan Allah swt.

Nothing is impossible …. bahkan untuk sesuatu yang awalnya terlihat berat dan tidak mungkin, selama niat kita baik serta diikuti dengan usaha dan doa……

Sabar dan tetap semangat ketika menunggu ya teman…..Semoga Allah senantiasa melancarkan jalan teman-teman yang lain juga….amin.

Tagged: , , ,

3 thoughts on “Case Processing Time for Family Reunification

  1. Redina anggiaputri 27 Oktober 2011 pukul 20:33 Reply

    Good luck dear…… Welcome to europe……xixixixixixi….🙂 muachhhmuachhh…

    • verininta 29 Oktober 2011 pukul 13:39 Reply

      Terima kasih kak anggiiiii

  2. helenamranani 3 Juli 2014 pukul 22:04 Reply

    Halo Mba Verininta,

    Salam kenal,,
    Saya lg nunggu visa Norway, blh tau email UDI? Saya coba email ke ots@udi.no tapi mental, terus nulis query di kontakt UDI web, blm dijawab..

    Trims sblmnya..

Tinggalkan Balasan

