Traveling with Children (catatan perjalanan di tahun 2010)

Setelah membaca buku Jilbab Travelernya Asma Nadia,  keinginan  untuk jalan-jalan keluar negeri bangkit lagi dalam diri saya. Hanya saja masalahnya, saya bukanlah wanita lajang yang bebas pergi kesana kemari sendirian dalam waktu yang lama. Sebaliknya, saya adalah. seorang ibu dengan dua balita yang pastinya akan saya ajak traveling kemanapun saya pergi. Artinya saya juga harus siap mental dan tenaga untuk sedikit repot mengingat tidak mungkin liburan bawa assisten, hehehe.

Hal yang harus saya tentukan pertama kali adalah waktu untuk cuti. Setelah membicarakan dengan suami, akhirnya diputuskanlah untuk pergi sekitar bulan April. Kami berharap, karena April bukanlah bulan liburan atau peak season maka harusnya harga hotel dan tiket pesawat terbang tidak akan semahal bulan liburan seperti bulan Juni atau Desember.

Hal kedua yang saya tentukan kemudian adalah tempat liburan. Setelah surving di internet dan membaca buku-buku traveling, ternyata bulan tersebut adalah musim terbaik untuk liburan ke Hong Kong karena di bulan April udara di Hong Kong relatif sejuk. Hong Kong juga merupakan tempat berlibur yang pas untuk keluarga, selain karena aman disana banyak sekali tempat wisata untuk anak-anak. Dijamin family friendly.

Sayangnya penerbangan langsung Jakarta-Hongkong membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Sangat tidak nyaman untuk dua balita saya yang belum bisa duduk manis selama 5 jam. Akhirnya kami putuskan untuk mampir ke Kuala Lumpur dan Macau sebelum ke Hong Kong agar tidak terlalu lama di pesawat. Untuk pulangnya, kami akan mampir ke Singapura sebelum ke Jakarta.

Dokumen Wajib untuk Traveling keluar negeri

Enam bulan sebelum berlibur, saya dan anak-anak membuat paspor di kantor imigrasi Samarinda, Kalimantan Timur. Itu berarti 2,5 jam perjalanan darat dari Bontang dengan jalan berkelok kelok melewati hutan belantara (demi ke Hong Kong, hutanpun gak masalah).

Biaya pembuatannya di samarinda (Oktober tahun 2009) sekitar 650rb per orang, masing-masing anak saya buatkan paspor sendiri sendiri. Prosesnya cepat saja asal dokumen yang dibutuhkan lengkap.

Tiket Pesawat dan Akomodasi selama Berlibur

Setelah paspor ditangan, saatnya untuk membeli tiket pesawat. Pastinya disesuaikan dengan budget. Carilah tiket promo..hehehe…..Saya dapet tiket JKT-KL seharga 50ribu per orang dari Air Asia…hohoho,,,puas deh….

Tiket KL-Macau juga promo, Cuma lupa berapa harganya. Dari Macau ke Hongkong via ferry aja biar murah. Dan supaya anak-anak punya pengalaman naik kapal. Terbukti anak-anak happy banget di ferrynya….Cuma ibunya yang gak happy gara-gara mabok laut..(payah deh, hehehe)

Untuk nginep carilah yang deket dengan angkutan umum, kayak MRT atau deket tempat wisata. Memang jatuhnya lebih mahal, tapi itu bisa disiasati dengan memesan akomodasi jauh-jauh hari. Pada beberapa hotel atau tempat menginap, ada yang namanya promo “early bird”, jadi harganya diskon jika kita memesan kamar 3 bulan sebelum keberangkatan.

di Disneyland terdapat stroler yang bisa kita sewa… Bermanfaat untuk yang berlibur dengan anak balita…

Ohya, bawa anak-anak juga jangan lupakan stroler yang bisa di sewa di tempat wisata. Selain anak-anak jadi gak cape ….bisa juga jadi tempat tidur siang mereka. Kebayang kalo anak-anak gak tidur siang, bawaannya rewel. Dan jangan lupa siapkan perbekalan makanan yang banyak. Biskuit, cereal, buah-buahan (yang praktis apel ama anggur yang gak pake biji), susu kotak (UHT) dan air putih wajib dibawa…yah ..namanya juga anak-anak….butuh cemilan disela waktu makan..hehehe.

Selamat berlibur dan bersenang-senang dengan si kecil.

Tagged: , , ,

4 thoughts on “Traveling with Children (catatan perjalanan di tahun 2010)

  1. Vira Arman 7 Oktober 2011 pukul 04:34 Reply

    ayuk Naira dan Yusuf saatnya bersiap untuk traveling ke europe yaaaa… ditunggu tante loh sampe’ februari hehehe nanti kita main2 ke euro disney di Paris!😀

    • verininta 7 Oktober 2011 pukul 06:24 Reply

      Amin… Thanks ya tante vica….

  2. Redina anggiaputri 11 Oktober 2011 pukul 16:11 Reply

    Indahnya dunia dg jalan2….. Xixixixixii :))

    • verininta 11 Oktober 2011 pukul 20:37 Reply

      Yuk jalan2 kak anggi.. Hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: