Belajar dari sebuah kompetisi

Mengikuti sebuah kompetisi menurut saya adalah salah satu cara mendapatkan pembelajaran dalam hidup, karena banyak yang bisa kita pelajari dari sebuah kompetisi.

Jika kita menang kita punya kesempatan untuk belajar menjadi padi yang semakin berat butirnya semakin menunduk. Kita juga akan menghargai kerja keras karena kemenangan kita pastilah hasil dari kerja keras kita. Ada preparation yang kita lakukan sebelumnya, karena success adalah when preparation meet opportunity.

Jika kita kalah, kita belajar untuk menghargai kerja keras orang lain, belajar untuk berhati besar, belajar dari keberhasilan orang dan kekalahan diri. Kekalahan bisa berarti usaha kurang maksimal, persiapan kurang matang atau mungkin kurang doa, hehehe. Karena saya pernah baca di buku “notes from qatar” bahwa usaha tanpa doa itu namanya sombong, dan doa tanpa usaha namanya bohong.

Semakin sering mengikuti kompetisi berarti semakin terasahnya jiwa kompetitif kita. Dan ini bukan berarti kita ambisius hingga menghalalkan segala cara lho ya…menang dengan curang dan licik justru kegagalan kita. Kita gagal untuk jujur dan gagal untuk jadi terhormat. Tidak ada yang bisa dibanggakan dari kemenangan yang curang.

Hal inilah yang ingin saya ajarkan kepada kedua buah hati saya. Menang dan kalah adalah hal biasa dari sebuah kompetisi. Yang terpenting kita berusaha maksimal kemudian berdoa dan tawakal kepada Allah. Saat menang tidak sombong dan saat kalah tidak putus asa, tapi bangkit dan belajar dari kekalahan terdahulu agar sukses di kesempatan selanjutnya.

Tulisan ini saya tulis untuk putri saya Alifa Naira Kusmayaputri (5tahun) yang akan mengikuti lomba sempoa tingkat nasional di Jakarta bulan juli 2011

Selamat bertanding putriku tercinta…

Naira dan wakil kaltim yang lain berfoto dengan walikota Bontang sebelum mengikuti Lomba Sempoa di Jakarta

Tagged: , , ,

2 thoughts on “Belajar dari sebuah kompetisi

  1. Vira Arman 5 Juli 2011 pukul 08:17 Reply

    slamattt yaaa nairaaaaaa :)) alhamdulillah uda dua piala ditangan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: