naik pesawat ketika hamil besar

Dari kecil saya paling seneng naik pesawat…seru yah…bisa ngeliat awan…hehehe…cuma gak selamanya naik pesawat jadi pengalaman yang menyenangkan….

Di bulan oktober 2007,saya pernah naik pesawat rute jakarta-balikpapan yang apesnya dapet pramugari yang lagi dapet kayaknya…abis juteknya minta ampun….kayaknya sih pramugari senior gitu, soalnya tampangnya udah gak muda, dan pinggangnya udah 4jengkal…hehehe

Ketika bu pramugari ini menyuruh saya untuk memasukkan tas ke bawah kursi depan, cara nyuruhnya itu lho ‘bu…tasnya masukin ke kursi depan, nanti kalo pesawat jatuh, ibu tidak bisa jalan keluar….’ dengan nada yang jutek tanpa senyum…he? Padahal ini pesawat tiketnya mahal lho….kok gini ya pelayanannya…sempet syok juga…cuma saya pikir si pramugari ini mungkin abis dapet bad day dikerjaannya jadi maafin aja deh. Perasaan di pesawat lain mereka biasanya akan bilang ‘maaf tolong bu tasnya diletakkan di bawah kursi…terima kasih’ sambil senyum manis bikin adem hati…

Kembali ke si pramugari yang jutek, ketika saya lagi antri toilet di pesawat, ternyata apesnya saya ketemu dia lagi….yang menyapa saya dengan tetep jutek…

‘Berapa bulan hamilnya?’

‘Alhamdulillah udah masuk 33 minggu.’

‘Ibu tau gak kalo sudah 32 minggu tidak boleh naik pesawat!’

‘maaf bu, saya tidak tau, tapi dokter kandungan saya sudah mengizinkan dan membuatkan surat ke pihak penerbangan bahwa saya sehat dan fit sehingga boleh naik pesawat. Pihak kru penerbangan di darat juga sudah menyetujui kalo saya boleh naik pesawat ini,makanya sekarang saya ada di pesawat’

‘ibu gak percaya ya sama saya…saya punya manual yang tulisannya tidak memperbolehkan ibu naik pesawat’

dalam hati–> (ya terus kenapa,ini pesawatnyakan udah terbang 1jam gitu lhooo…kalo saya gak boleh naik pesawat saya mau diturunin di sini apa? , ya kalo gak boleh dari awal dong, sebelum saya naik pesawat. Pramugari kok jutek gini…harus di assesment ulang nih’)

‘ohya? (speechless)’ kata saya

‘iya..ini…buktinya sambil nujukin kalo di buku manualnya ada tulisan ibu hamil tidak dianjurkan naik pesawat setelah 32 minggu. Ini bahasa inggris bu,’

dalam hati juga–> (ya iyalah…saya juga tau kali….yang bilang itu bahasa jepang sapa???)

Menarik napas dalam2, mau ngamuk tapi kasian bayi di perut saya….hehehe…

‘ini bu ya saya artikan…bacaannya usia kehamilan 32 minggu gak boleh naik pesawat. Nanti anak tidak normal, dan berbahaya bagi janin (buset…udah kayak dr kandungan aja tuh…padahal dr kandungan yang asli gak gitu ngomongnya)’

‘iya saya juga bisa baca tulisannya bu, tapi di airport, pihak penerbangannya sudah menyetujui dan saya juga sudah tanda tangan surat pernyataan bahwa tidak akan menuntut apapun jika terjadi sesuatu dlm pesawat, dokter kandungan saya juga bilang kalo gak masalah saya naik pesawat krn selain kondisi kesehatan baik, naik pesawatnya juga cuma 2jam….’

yaelah…ini pramugari minta ampun bikin tensi naik ajahhhh…situ kalo mau larang2 ya pas pesawatnya di darat dong…udah gitu gak ngasih solusi lagi…dari pada berantem dan bikin kontraksi, udahlah…pergi ajah…..kembali ke tempat duduk….

Alhamdulillah terlepas dari kejadian apes dengan ibu2 pramugari (percaya deh…bukan mba2 pramugarinya…saya waktu itu 23 tahun….gak mungkin dia seumur saya…hehehe)…. perjalanan di pesawatnya lancar….

Dan 2 bulan setelahnya saya melahirkan di RS Badak Bontang dengan normal, begitu juga anak saya yang sekarang sudah berusia 3 tahun….yusuf kusmayaputra

Nah….prediksi hasil terawang ibu2 pramugarinya salah kan? Ya iyalah…orang dia bukan mama lauren kok….hehehhe

yusuf sekarang sudah tiga tahun

Tagged: , , ,

10 thoughts on “naik pesawat ketika hamil besar

  1. DINI ZAHROH.... 10 Maret 2011 pukul 05:01 Reply

    sabar juga ya bu dokter satu ini…coba kalo aq yang ketemu ama pramugarinya,,,,, ku hajar memang tuh pramugari……wkwkwkwkwkw….aq jug pernah mbak naik pesawat umur kandunganku 9 bln….no problem aza kok di pesawat…… iri tuh pramugari liat orang hamil…..

    • verininta 10 Maret 2011 pukul 05:39 Reply

      hehehe…iya tuh mba…..alhamdulillah sehat2 ya mba….

  2. beehani4 16 Maret 2011 pukul 07:59 Reply

    sayang ga di candid si bu pramugarinya….he2…

    • verininta 16 Maret 2011 pukul 23:48 Reply

      hehehe..iya ya..lain kali di candid deh….hehehe

  3. ummu_ammar 13 April 2011 pukul 14:54 Reply

    wah mbak, itu maskapai apa ya? 2 minggu ke depan aku akan dinas selama 1 minggu dari jakarta ke beberapa kota di kalimantan dengan transportasi udara. Saat itu usia kehamilanku sekitar 32-33 minggu. Ini kehamilan ketiga dengan riwayat SC karena jarak yang berdekatan aja. Bukan karena riwayat medis seperti kontraksi (justru aku nggak pernah ngalamin kontraksi), perdarahan.

    Jangan sampai kejadian mbak terjadi padaku ah. Bisa aku labrak tuh pramugari kayak gitu, hehe…

    Maskapai domestik dari dan ke Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Bontang yang membolehkan penumpang hamil dengan usia kehamilan segitu, maskapai apa aja kah mbak?

    Sebelumnya, terima kasih atas infonya.

  4. verininta 14 April 2011 pukul 07:32 Reply

    hallo ummu ammar..salam kenal….wah mau keliling kalimantan nih..terus terang untuk banjarmasin, samarinda dan pontianak saya gak tau….(belum pernah kesana hehehe)..cuma kalo untuk ke bontang ada pesawat dari balikpapan yang namanya pelita air dan indonesia air transport …dulu sih saya boleh2 aja tuh…pramugarinya so far baik2 dan ramah2….cuma jangan lupa bawa surat rekomendasi dari dokter kandungannya ya….buat jaga2 aja sapa tau ditanyain…hehehe..anyway busway..rasanya agak riskan jika menyebut maskapai pesawat yang pramugarinya “unfriendly” itu disini (nanti saya dituntut kayak mba prita lagi…hehehe).cuma kalo penasaran boleh kirim email ke veryninta@yahoo.com via email aja yaaaa

  5. tuti 8 Juni 2011 pukul 17:04 Reply

    makasih, cukup melegakan. soalnya saya mau ke banjarmasin saat kehamilan masuk 34 minggu. semoga tetap sehat.

    • verininta 8 Juni 2011 pukul 18:51 Reply

      amin….semoga perjalanan ke banjarmasinnya lancar ya…..terima kasih sudah membaca blog saya

  6. Dian Iskandar 29 Januari 2012 pukul 14:45 Reply

    akhirnya ada tulisan yang melegakan saya

    saya mau ke singapura dalam kondisi hamil 33 minggu. mudah2an gak ketemu pramugari jutek itu, bisa saya tonjok kali mukanya..:)

    makasih sharenya ya mbak..

    • verininta 29 Januari 2012 pukul 17:46 Reply

      Semoga lancar perjalanannya ya…. Have a nice trip …🙂
      Siip…Titip salam tonjok kalo ketemu pramugarinya ya… Hehehe

      Thanks udah mampir di blog saya….

Tinggalkan Balasan

