Semoga Sukses Yaaaaaaaa…….

Apa sih sukses itu? Pencapaian seperti apa sih yang kita sebut sebagai kesuksesan?
Uang yang banyak, karir yang cemerlang, keluarga yang bahagia, punya anak-anak yang pinter-pinter, bisa naik haji, atau punya gelar s3 apakah sudah bisa dikatakan sukses? Ibu rumah tangga mengangggap kesuksesan sebagai keberhasilan mendidik anak. Seorang siswa menganggap keberhasilan jika nilainya bagus atau menjadi juara kelas. Seorang pegawai merasa sukses jika gajinya besar dan karirnya cemerlang. Hmmm…Rasanya ada yang kurang pas deh.

Sebenarnya ini adalah bentuk kegelisahan saya setelah membaca buku yang judulnya Start Young karya Dedy Dahlan (saya gak bilang kalo bukunya jelek lho ya…banyak isinya yang berguna dan bagus..tapi ada bagian yang kurang pas…ini menurut saya lhoooo). Sepertinya di buku itu, kesuksesan memiliki arti yang sempit sebagai bentuk pencapaian diri atas karir dan keuangan. Kayaknya yang namanya sukses hanya bisa dilihat dari kemampuan untuk bisa membeli rumah sebelum usia 30 tahun, kepemilikan atas beberapa bisnis, atau memperoleh penghargaan atas karya yang dihasilkan. Ini menurut pendapat pribadi saya lho, kayaknya terlalu sempit menilai kesuksesan orang dalam bidang keuangan dan karir. Karena jujur saja nih, bukan saja karena saya mengenal orang-orang yang secara keuangan dan karir lebih sensasional dalam usia yang lebih muda dari tokoh tokoh yang menjadi inspirasi di buku tersebut, saya juga melihat secara akademik, dan di bidang ‘berkeluarga’ mereka tidak mempunyai pencapaian yang ‘menginspirasi’. Maksud saya, wajar jika seseorang yang tidak atau belum berkeluarga kemudian bisa mencapai karir bagus. Lha wong yang dia urusin cuma kerjaannya doang. Artinya alokasi waktu yang dia punyai lebih banyak untuk mengurusin pekerjaannya . Sama halnya dengan seseorang yang bisa s3 hingga keluar negeri (walaupun sebenernya pas kuliah gak pinter-pinter amat) karena latar belakang keluarga yang mapan dan keadaan yang tidak mengharuskan dia bekerja untuk menjadi tulang punggung keluarga. Jadi wajar dong dia bisa ampe s3 …(berarti berlaku juga hukum sebaliknya yang orang tuanya mapan terus boro2 sekolahnya bagus, yang ada malah narkoba, masuk penjara, married by accident, pengangguran, bikin orang tua bangkrut, dan akhirnya mati gara-gara over dosis. ini sih udah jelas tidak perlu kita bicarakan lagi ya..karena sudah jelas kategorinya sebagai mahluk gagal total dan mengingat bahasan kali ini tentang kesuksesan kita singkirin jauh-jauh yang kayak gitu)

Memang siapa sih yang menurut saya sukses?
Ada banyak orang yang menurut saya sukses di dunia ini. Salah satunya, Bapak Baharuddin Jusuf Habibie. Tokoh ini menurut saya bisa dikatakan sukses banget. Dimulai dari secara akademik, secara finansial, secara karir dan lihat deh, anak-anak beliau pada pinter-pinter (tidak narkoba, tidak korupsi, tidak ada yang masuk penjara, dan very well educated). Jauh banget deh sama anak-anaknya pejabat lain atau anaknya pengusaha kaya yang lain. Setelah membaca bukunya pak Habibie yang berjudul Habibie dan Ainun, saya jadi tahu betapa beliau sudah bisa bermanfaat untuk masyarakat dunia. Beliau sudah membuat dunia menjadi lebih baik. Kalo soal penghargaan, wuih….gak perlu disebutkan satu persatu, yang jelas berbagai negara di dunia sudah banyak memberikan penghargaan ke pada idola saya ini.
Kembali merujuk pada buku yang barusan selesai saya baca ini. Kalo cuma beli rumah ama mobil aja wah..temen-temen di oil and gas yang ada di pedalaman kalimantan udah pada punya sebelum usia 28. Kalo cuma pencapaian karir wah..sebelum usia 30 udah banyak yang bisa jadi manager di perusahaan multinasional atau lead engineer di oil and gas company. Kalo cuma nikah muda, saya aja udah nikah sejak umur 20. Kalo cuma punya duit banyak….bosss…disini yang jadi “mandiri prioritas” terus belum 30 udah buuuuanyaaaaak. Tapi kalo manusia seperti Dr B. J. Habibie, saya kira di dunia ini tidak banyak.

Jadi sukses itu apa?
Kesimpulan saya dari hasil pemikiran otak saya yang pas-pasan ini yang namanya kesuksesan adalah bukan yang namanya keberhasilan memperoleh sesuatu untuk dirinya sendiri tapi adalah keberhasilan dalam mengubah dunia menjadi lebih baik. Mampu bermanfaat bagi orang banyak. Dan Mampu memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Seperti kata Albert Pike yang saya kutip dari bukunya Dan Brown berjudul The Lost Symbol “WHAT WE HAVE DONE FOR OURSELVES ALONE DIES WITH US; WHAT WE HAVE DONE FOR OTHERS AND THE WORLD WILL REMAINS AND IS IMMORTAL”

Apakah saya orang sukses?
Ya jelas belum lah (siapalah saya yang berani beraninya ngaku sukses ini)…Tapi pastinya saya ingin jadi orang sukses (menurut definisi saya diatas tentunya)..dan saya sedang berusaha meraihnya…..jadi….kita tunggu saja hasilnya

Bagaimana dengan anda? Sudahkah menjadi orang yang sukses?:)…semoga sukses yaaaaa

Tagged: , , , ,

3 thoughts on “Semoga Sukses Yaaaaaaaa…….

  1. Ghia 3 Februari 2011 pukul 03:22 Reply

    duh.. aku blom sukses ni mbak.. hahahahha…moga bisa kayak pak Habibie yak…

    • verininta 3 Februari 2011 pukul 11:26 Reply

      amin…selalu semangat ya dek

  2. Vira Arman 5 Februari 2011 pukul 04:21 Reply

    smogaa kita semua jadi orang sukses!😀 amiiinnn..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: