Ke Macau Gak Butuh Visa

Suatu ketika saya pernah mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan dengan petugas di counter cek-in pesawat. Kejadian ini ketika kami sekeluarga akan memulai perjalanan berlibur keliling kuala lumpur-macau-hongkong- singapura.

Saat akan cek-in pesawat ke kuala lumpur di bandara soekarno hatta. Petugas cek- in mengatakan bahwa passport suami saya sudah tidak berlaku. Padahal jelas-jelas masa berlakunya masih 5 bulan lagi. Alasan si petugas karena harusnya masa berlaku passport yang bisa digunakan minimal 6 bulan. Yeeee… Itu mah buat yang mau mengunjungi negara-negara yang butuh visa..dodol juga nih petugas. Udah gitu yang bikin syok ini petugas masih juga kekeuh bahwa nantinya dari kuala lumpurpun kami gak bakalan bisa masuk macau….kan ini passportnya gak ada visa macaunya…
Jiaaaaah sejak kapan ke macau butuh visa….ini si mas-mas pasti belum pernah ke macau. Udah dari pada banyak cingcong saya minta untuk ngomong langsung ke supervisornya aja.

Untungnya si supervisornya mencek-in kan kita sekeluarga setelah tau kalo kita itu liburannya cuma 12 hari dan kita bisa ngeyakinin si supervisor (yang kayaknya belum pernah juga ke macau) kalo ke macau gak perlu visa.

Terbukti kami sekeluarga tidak menemukan masalah apapun dengan petugas immigrasi. Malah petugas immigrasinya bilang kalo yang passportnya masa berlakunya tinggal 3 bulan aja masih boleh dipake kok. Apalagi negara yang dituju malaysia, macau, hongkong dan singapura yang jelas-jelas gak butuh visa. Toh kami sekeluarga juga udah booking penginapan dan udah punya tiket pulang ke indonesia jadi bukan immigran gelap,hehehe.

Petugas immigrasi di keempat negara tersebut bahkan tidak mempermasalahkan passport suami saya….paling-paling kalaupun mereka ngomong cuma ” happy holiday” hehehe.
Kesimpulannya si mas petugas cek in tuh asal banget…dia gak paham kalo passport yang minimal masa berlaku 6 bulan itu buat pengurusan visa bagi negara-negara tertentu. Untung aja waktu itu saya dan suami tidak percaya begitu saja pada petugas cek- innya. Kebayang berapa duit yang harus kebuang sia-sia buat tiket dan akomodasi gara-gara si mas petugas yang dodol banget. Sayangnya saya gak mencatat atau at least memotret si mas itu….haduuuhh coba aja tau namanya, saya kirimin deh foto-foto pas liburan ke kantornya,terutama foto-foto di macau yang kata dia butuh visa, wkwkwkwk

pengen deh nunjukin foto pas di Venetian Macau ama mas-mas itu......hihihih

Tagged: , , ,

7 thoughts on “Ke Macau Gak Butuh Visa

  1. nazar 6 Juli 2012 pukul 21:41 Reply

    aku mau ke macau juga nih, kalau mau murah transitnya lewat mana ya, terus beli tiketnya dimana ya, makacih

    • verininta 1 Agustus 2012 pukul 04:49 Reply

      waktu itu saya dapat tiket pesawat promo lewat Kuala Lumpur, naik Air Asia….tiketnya bisa dibeli online lewat website air asia.

  2. mellia 19 September 2012 pukul 09:57 Reply

    mbak verinita, saya mau tanya, mbak perjalanannya itu beli tiketnya gimana, dari jakarta,kualalumpur, macau, hongkong, singapore, jakarta by air asia semua? itu mbak pesan untuk berapa orang? dan dengan total biaya berapa plus akomodasi? terimakasih :)

    • verininta 24 September 2012 pukul 16:33 Reply

      Hai hai
      Waktu itu saya beli tiketnya online, terus diprint sendiri. Jakarta-KL-Macaunya pakai air asia, macau-hong kong naik ferry, terus hong kong-singapuranya naik jetstar… Saya pesennya untuk 4 orang (saya perginya ama suami dan anak2) … Nah biayanya saya lupa tepatnya abis berapa… :(, kayaknya gak banyak kok… Soalnya tiketnya pada beli yg promo semua…

      • mellia 26 September 2012 pukul 07:41

        Terima kasih atas sarannya mbak verininta :)

  3. Reni Astrida (@ReniAstrida) 4 November 2012 pukul 11:45 Reply

    mba, kl ke macau mahal ga sih barang2 yang dijual dan hostel2 dsna gmn? berapa ya hrg tiket ferry HKG – macau return? berapa lama diperjalanan?

    • verininta 11 November 2012 pukul 17:53 Reply

      Hai hai ren… Maaf bgt baru dibalas… Aku baru buka blog ku lagi nih
      Waaah kebetulan aku gak nginep di macau, jadi waktu itu aku nyampai di macaunya pagi… Jalan2 ampe sore, terus sorenya lgs ke hongkong pake ferry. Aku lupa berapa bayarnya, tapi seinget aku sih gak mahal deh… Soalnya aku pake ferry lokal yg biasa ada tiap jam… Jd bukan yg mewah, perjalanannya 45 menit-1jam an sih seinget aku….

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

